%A ANASTASIA NERRI MEIRINA 0813021017 %T EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) %X Konsep matematika yang abstrak menjadi penyebab sulitnya siswa dalam mema- hami pelajaran matematika. Pembelajaran matematika menggunakan metode Mind Mapping merupakan salah satu upaya untuk membantu siswa dalam meng- organisir informasi dengan baik sehingga pemahaman konsep dapat diperoleh secara optimal. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Mind Mapping yang ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Xaverius 4 Bandar Lam- pung tahun pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian diambil dua kelas dari tiga kelas secara acak, kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran mate- matika yang menggunakan metode Mind Mapping efektif baik dari aspek rata-rata nilai pemahaman konsep matematika maupun ketuntasan belajar siswa. Hal ini Anastasia Nerri Meirina ditunjukkan dengan: (1) rata-rata nilai pemahaman konsep matematika yang pembelajarannya menggunakan metode Mind Mapping lebih tinggi daripada rata- rata nilai pemahaman konsep matematika yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional dan (2) persentase siswa tuntas belajar pada kelas yang menggunakan pembelajaran dengan metode Mind Mapping lebih dari 60% dari jumlah siswa %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15260