TY - UNPB ID - eprints15262 UR - http://digilib.unila.ac.id/15262/ A1 - 0813021023, DODDY AKHMAD SIDDIQ Y1 - 2012/10/04/ N2 - Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) adalah pembe- lajaran berdasarkan masalah yang dilakukan secara kolaboratif terstruktur oleh beberapa orang siswa yang terbentuk dalam satu tim, dengan masing-masing tim terdiri dari dua siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran TAPPS dalam meningkatkan kemam- puan analisis matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Metro tahun pelajaran 2011/2012, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII F dan VIII G yang telah dipilih secara acak. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest yang melibatkan dua kelompok. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa rata- rata peningkatan kemampuan analisis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TAPPS sama dengan rata-rata peningkatan kemampuan analisis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS SISWA (Kasus: Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012) AV - restricted ER -