%0 Thesis %9 Other %A 0813021025, Elvina %B FKIP %D 2012 %F eprints:15263 %I Universitas Lampung %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/15263/ %X Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) adalah model pembelajaran yang dapat mengupayakan adanya perubahan pada diri siswa untuk mempergunakan waktunya dalam belajar sehingga mereka dapat mempergunakan waktunya dengan seefektif mungkin yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Metro. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII3 dan VIII4 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata (gain) siswa pada kelas eksperimen adalah 0,7 sedangkan rata-rata (gain) kelas kontrol adalah 0,55. Dengan demikian model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) efektif diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Metro semester genap T.P 2011/2012.