%A ERMA MUSTIKA 0813021027 %T IDENTIFIKASI FAKTOR KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS SINGGUNG LINGKARAN (Studi pada Siswa Kelas VIIIA Semester Genap SMPN 10 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2011/2012) %X Berdasarkan data nilai matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Bandar Lampung tahun ajaran 2010//2011, sebanyak 68,40% siswa tidak mampu mencapai nilai ketuntasan minimal pada pokok bahasan garis singgung lingkaran. Di sisi lain, guru matematika di sekolah tersebut belum pernah melakukan identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Oleh karena itu, suatu identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal garis singgung lingkaran perlu dilakukan sehingga dapat diperoleh informasi mengenai letak kesalahan siswa dan penyebab kesalahan siswa tersebut secara spesifik. Dengan demikian guru akan lebih mudah untuk menyusun program pembelajaran yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran beserta faktor penyebabnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 10 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan data hasil tes dan wawancara, jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal garis singgung lingkaran adalah kesalahan penulisan rumus, mengorganisasikan data, hitung, dan kesalahan dalam menarik kesimpulan. Adapun penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi garis singgung lingkaran adalah tidak paham konsep, kurangnya pemahaman terhadap materi prasyarat, lupa rumus, kurang teliti dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15264