%A LARAS SEWESTI NINGRUM 0813021036 %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP N 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2011/2012) %X Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray ditinjau dari aktivitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen de- ngan desain posttest-only. Sampel penelitian adalah kelas VIII B dan kelas VIII C masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara acak dari 7 kelas. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi dan uji kesama- an dua rata-rata (uji t). Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa memenuhi kriteria keefektifan pembelajaran yaitu lebih dari 60% siswa aktif. Selanjutnya untuk rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray lebih baik dari siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disim- pulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray Laras Sewesti Ningrum efektif jika ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2011/2012. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15265