TY - UNPB ID - eprints15266 UR - http://digilib.unila.ac.id/15266/ A1 - 0813021037, Lukmanul Hakim Y1 - 2012/10/08/ N2 - Hasil belajar yang dicapai siswa merupakan salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa mempunyai peranan yang sangat penting dalam pencapaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeta- hui efektivitas pembelajaran STAD ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Bandar Lampung dengan sampel penelitian siswa kelas VIIIB dan VIIIC yang terpilih dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata aktivitas dan hasil belajar dengan pembelajaran STAD lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, namun perbedaan hasil belajar tersebut tidak berbeda secara signifikan artinya tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa secara statistik. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) AV - restricted ER -