%A NIKI PUJARWATI 0813021041 %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) %X Reciprocal Teaching adalah model pembelajaran yang menggunakan strategi pe- mahaman prediksi, merangkum, menanyakan dan klarifikasi. Penelitian quasi eks- perimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan model Reciprocal Teaching terhadap aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung T.P. 2011/2012. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis data diperoleh, rata-rata pe- mahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dan siswa yang aktif pada kelas yang menggunakan model Reciprocal Teaching lebih dari 50%. Jadi, penerapan model Reciprocal Teaching efektif untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15267