%A NOVITA ROCHMADENI 0813021042 %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN Novita Rochmadeni KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah Tahun Ajaran 2011/2012) %X Pembelajaran dengan pendekatan open-ended merupakan pembelajaran yang menyajikan masalah terbuka, yaitu masalah yang memiliki metode penyelesaian lebih dari satu cara, jawaban lebih dari satu atau memiliki pengembangan masalah yang terbuka. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only design dengan populasi seluruh siswa kelas VII, melalui teknik purposive sampling diperoleh kelas VII-A dan VII-E sebagai sampel penelitian. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan open-ended efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15268