%A PUTTY LUGITA 0813021046 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Studi pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) %X Dalam upaya mengoptimalkan potensi matematika siswa, dapat diterapkan suatu model pembelajaran yang memberi kesempatan belajar dalam kelompok, salah sa- tunya adalah Two Stay Two Stray (TSTS). TSTS merupakan model pembelajaran kooperatif yang memberi kesempatan kepada siswa untuk membangun pemaham- an materi dan berbagi informasi melalui diskusi dalam kelompok dan antar ke- lompok. Model pembelajaran ini dapat diterapkan pada siswa dengan kemampu- an matematika yang heterogen. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk me- ngetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dalam pembelajar- an matematika ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain one shot case study. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung se- mester genap tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan secara random terhadap kelas, dan diperoleh kelas VII A sebanyak 33 siswa. Putty Lugita Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh 75,76% siswa aktif dan 78,79% siswa tuntas belajar. Dari hasil uji proporsi, diperoleh persentase siswa aktif dan tuntas belajar lebih dari atau sama dengan 60% sehingga tujuan pembelajaran yang di- harapkan tercapai. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar siswa. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15270