%A Yeni Wulandari 0513022051 %T MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN PETA KONSEP (PTK Pada siswa Kelas XI IPA Materi Usaha dan Energi) %X Berdasarkan observasi awal di SMA N 1 Labuhan Ratu Lampung Timur melalui wawancara pada guru mata pelajaran fisika dan penyebaran angket kepada siswa diketahui bahwa pembelajaran fisika yang diterapkan guru lebih sering menggunakan metode ceramah yang terbatas pada penjelasan materi. Dengan kondisi seperti ini diperoleh informasi bahwa minat siswa menjadi rendah untuk belajar fisika. Hal ini berpengaruh juga pada sikap siswa yang tidak dibiasakan untuk belajar dalam kelompok. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar adalah pembelajaran dengan menggunakan peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat, dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan menggunakan peta konsep pada pokok bahasan usaha dan energi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Labuhan Ratu Lampung Timur yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh minat siswa sebesar 47,71% tergolong kurang baik, pada siklus II Yeni Wulandari terjadi peningkatan sebesar 6,04% menjadi 53,75% tergolong cukup baik, pada siklus III terjadi peningkatan 7,12 % menjadi 60,87% dengan kategori cukup baik. Hasil belajar siswa/kognitif siswa pada siklus I sebesar 62% tergolong cukup baik, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 9% menjadi 71% tergolong baik, pada siklus III terjadi peningkatan 8,33% menjadi 79,33% tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan peta konsep, dapat meningkatkan minat, dan hasil belajar siswa. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15276