%A ERLA WIJAYANTI 0743022023 %T ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MULTIPLE REPRESENTATIONS (MR) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA %X endekatan pembelajaran menentukan hasil belajar siswa disamping motivasi belajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran existing multiple representations dan pembelajaran generate own multiple representations; (2) Perbedaan hasil belajar fisika siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa; (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan motivasi belajar siswa dalam peningkatan hasil belajar fisika siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Natar, menggunakan dua kelas yaitu kelas ekperimen1 (kelas X 3 (kelas X 4 ) dengan jumlah sampel 29 siswa dan kelas eksperimen 2 ) dengan jumlah sampel 34 siswa, menggunakan desain faktorial 2x2. Kedua kelas eksperimen diberikan perlakuan pendekatan multiple representations yaitu existing multiple representations pada kelas eksperimen 1 dan generate own multiple representations pada kelas eksperimen 2. Pada akhir pembelajaran siswa diberikan tes berbentuk pilihan jamak beralasan yang berisikan berbagai bentuk representations untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data motivasi belajar dapat diperoleh dengan angket motivasi belajar siswa. Kemudian dikategorikan menjadi siswa dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Setelah semua data diperoleh lalu data diolah dengan menggunakan analisis faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran existing multiple representations dan pembelajaran generate own multiple representations, rata-rata nilai hasil belajar pada pembelajaran existing multiple representations sebesar 72,14 dan rata-rata nilai hasil belajar pada pembelajaran generate own multiple representations sebesar 74,59. Dapat dikatakan, hasil belajar fisika pada pembelajaran generate own multiple representations lebih baik diterapkan pada pembelajaran; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa, pembelajaran generate Own Multiple Representations lebih baik diterapkan untuk siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi maupun rendah; (3) Tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan motivasi belajar siswa dalam peningkatan hasil belajar fisika siswa, hasil belajar fisika siswa tidak bergantung pada pendekatan pembelajaran yang digunakan ditinjau dari motivasi belajar. %D 2013 %I Universitas Lampung %L eprints15281