@unpublished{eprints15282, month = {Nopember}, title = {PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ADAPTASI MODEL NOVICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA}, school = {Universitas Lampung}, author = {Esti Komariyah 0743022024}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15282/}, abstract = {Berdasarkan angket analisis kebutuhan yang diberikan kepada guru di SMA Negeri 1 Natar diketahui bahwa guru belum memanfaatkan secara maksimal sarana dan prasarana yang ada seperti komputer dan LCD untuk pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menghasilkan multimedia untuk siswa SMA Negeri 1 Natar yang disajikan sesuai dengan pendekatan model pembelajaran Novick, 2) Mendeskripsikan kemenarikan dan keefektifan multimedia yang dikembangkan. Metode penelitian ini yaitu research and development atau penelitian pengembangan. Pada penelitian pengembangan ini dikembangkan multimedia pembelajaran fisika berbentuk VCD adapatasi model pembelajaran Novick untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar. Model pengembangan diadaptasi dari Borg dan Gall (2003). Desain tersebut meliputi enam tahap prosedur pengembangan produk, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan program, uji ahli yang terdiri dari uji ahli materi dan uji ahli desain, selanjutnya uji satu lawan satu, revisi, dan uji coba produk. Hasil uji materi , uji ahli desain serta uji satu lawan satu menunjukkan media telah sesuai Esti Komariyah Esti Komariyah dengan adaptasi model novick, menarik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji coba produk di lapangan siswa memenuhi standar KKM 72, persentase nilai rata-rata yang diperoleh untuk LKK 99,9 \% dan postest 80 \%. Jadi dapat disimpulkan multimedia adaptasi model novick untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa yang telah teruji dan layak digunakan.} }