TY - UNPB ID - eprints15284 UR - http://digilib.unila.ac.id/15284/ A1 - 0743022040, Raden Rahmat Sairi Y1 - 2013/11/16/ N2 - Ketidakberhasilan siswa dalam menguasai ilmu fisika khususnya materi momentum dan impuls kemungkinan disebabkan karena pengetahuan yang dibentuk siswa hanya berasal dari pengetahuan guru yang dipindahkan ke siswa. Sehingga diperlukan sebuah metode yang mampu mengatasi permasalahan di atas, mengingat karakteristik materi fisika ada yang bersifat abstrak. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah metode eksperimen, dimana metode ini merupakan salah satu metode yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui metode yang menghasilkan rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi antara penerapan metode eksperimen dengan demonstrasi menggunakan multimedia interaktif. Hasil belajar diukur melalui nilai rata-rata posttest. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk Quasi Eksperimental Design dengan tipe Non-Eqivalent posttest-pretest design. Teknik analisis data dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, ada perbedaan rata-rata hasil belajar fisika siswa antara siswa yang menggunakan metode eksperimen dengan metode demonstrasi. Hasil belajar yang menggunakan metode eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode demonstrasi. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN DEMONSTRASI MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF AV - restricted ER -