@unpublished{eprints15285, month = {Oktober}, title = {ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP DITINJAU DARI SKILL ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DI LABORATORIUM NYATA DAN MAYA}, school = {Universitas Lampung}, author = {Risna Afriani 0743022044}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15285/}, abstract = {Kenyataan pembelajaran fisika di sekolah masih terfokus pada penuntasan materi saja. Sehingga tingkat kepahaman materi dan kemampuan berpikir peserta didik tidak dikembangkan secara maksimal. Kemampuan berpikir merupakan produk otak untuk taraf kognitif yang salah satunya adalah hasil belajar siswa dan ke- mampuan berargumentasi secara ilmiah. Penelitian ini dilakukan di SMP Ar- Raihan Bandar Lampung, menggunakan dua kelas yaitu kelas ekperimen di laboratorium nyata (kelas VIII Umar Bin Khatab) dengan jumlah sampel 25 siswa dan kelas eksperimen di laboratorium maya (VIII Ustman Bin Affan) dengan sampel 25 siswa menggunakan desain faktorial. Pada awal penelitian diberikan pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Kemudian siswa diberikan LKS untuk mengetahui skill argumentasi ilmiah siswa yang kemudian dikategorikan dalam skill argumentasi ilmiah tinggi dan skill argumentasi ilmiah rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada perbedaan peningkatan hasil belajar fisika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode eksperimen di laboratorium nyata dan maya, (2) Ada Interaksi antara metode pembelajaran dengan skill argumentasi ilmiah siswa dalam peningkatan hasil belajar fisika siswa, (3) Tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar fisika siswa yang memiliki skill argumentasi ilmiah tinggi yang pembelajarannya menggunakan me- tode eksperimen di laboratorium nyata dan maya, 4) Ada perbedaan peningkatan hasil belajar fisika siswa yang memiliki skill argumentasi ilmiah rendah yang pembelajarannya menggunakan metode eksperimen di laboratorium nyata dan maya.} }