TY - UNPB ID - eprints15286 UR - http://digilib.unila.ac.id/15286/ A1 - 0743022055, SYAFRIYANSYAH Y1 - 2013/11/18/ N2 - Literatur yang mengemukakan betapa pentingnya bagi seorang guru untuk mem- belajarkan fisika dengan model pembelajaran yang dapat melatih/mengembang- kan KPS siswa dapat dengan mudah ditemukan, antara lain di internet, baik dalam bentuk artikel; buku; skripsi; maupun jenis yang lainnya. Namun demikian, Entah karena ketidak-tahuan guru tentang adanya literatur-literatur tersebut, atau mung- kin karena ketidak-tahuan guru tentang jenis model pembelajaran seperti apa yang bisa dieterapkan, sehingga fakta di lapangan masih banyak sekali guru (khususnya di SMAN 1 Punduh Pedada) yang tidak mengedepankan terlatihnya KPS dalam membelajarkan fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh keterampilan proses sains (KPS) terhadap hasil belajar fisika siswa melalui metode eksperimen dengan pen- dekatan inkuiri terbimbing dan 2) Efektifitas metode eksperimen dengan pende- katan inkuiri terbimbing dalam melatih/mengembangkan KPS siswa yang ditandai dengan ada tidaknya kenaikan hasil belajar fisika siswa. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENGARUH KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING AV - restricted ER -