creators_name: 0743022060, YULI FATMASARI type: thesis datestamp: 2015-12-07 01:58:38 lastmod: 2015-12-07 01:58:39 metadata_visibility: show title: PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA SWADHIPA I NATAR ispublished: unpub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa sangat mendukung kegiatan proses belajar mengajar agar hasil belajar siswa tercapai secara optimal. Dalam pembelajaran Kemampuan berpikir kritis memberikan arahan yang tepat dalam berpikir dan membantu siswa dalam menentukan keterkaitan sesuatu dengan yang lainnya secara lebih akurat. Tercapainya hasil belajar yang optimal juga didukung oleh penggunaan metode. Metode demonstrasi merupakan salah satu alternatif yang digunakan pada kegiatan pembelajaran keterampilan berpikir kritis siswa, dimana metode ini mengajarkan siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis dan kreatif, serta dapat mengadaptasi situasi pembelajaran yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa melalui metode demonstrasi terhadap hasil belajar. Hasil belajar siswa pada penelitian ini yaitu pada aspek kognitif dan aspek afektif. Penelitian ini dilakukan di SMA SWADHIPA 1 Natar Lampung Selatan, menggunakan satu kelas eksperimen (kelas XI IPA 2 i Yuli Fatmasari ) dengan jumlah sampel 32 siswa. Pada proses pembelajaran menggunakan metode demonstrasi. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai hasil tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 17.0, yaitu dengan uji dengan uji linearitas, dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa melalui metode demonstrasi terhadap hasil belajar fisika pada aspek kognitif dan aspek afektif, yang ditunjukkan oleh nilai sig pada hasil belajar aspek kognitif yaitu sebesar 44,13, dengan koefisien korelasi sebesar 0,698 dan dengan persamaan regresi Y = 44,13 + 3,04 X. Sedangkan hasil belajar pada aspek afektif yaitu sebesar 7,97 dengan koefisien korelasi sebesar 0,464 dan dengan persamaan regresi Y = 7,97 + 0,94 X. date: 2012-09-18 date_type: published institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: 0743022060, YULI FATMASARI (2012) PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA SWADHIPA I NATAR. Other thesis, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/1/1.%20COVER.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/2/2.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/3/3.%20COVER%20Dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/4/4.%20Menyetujui.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/5/5.%20MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/6/6.%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/7/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/8/8.%20MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/9/9.%20PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/10/10.%20SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/11/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/12/12.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/13/13.%20DAFTAR%20TABELl.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/17/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/18/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15287/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf