creators_name: 0853022033, LIYAN DESI YULIA type: thesis datestamp: 2015-12-07 01:59:16 lastmod: 2015-12-07 01:59:16 metadata_visibility: show title: PENGARUH KINERJA SISWA PADA METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA ispublished: unpub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja siswa pada metode penemuan terbimbing (guided discovery ) terhadap keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 20 Bandar Lampung saat pembelajaran khususnya IPA fisika, diketahui bahwa metode pembelajaran yang Liyan Desi Yulia digunakan oleh guru dalam mata pelajaran IPA fisika masih menggunakan metode yang monoton yakni metode ceramah dan pembelajaran berpusat pada guru sehingga kurangnya keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 20 Bandar Lampung, menggunakan satu kelas yaitu kelas VII dengan jumlah sampel 36 siswa dan menggunakan desain One-Shot Case Study. Pada penelitian ini data (guided discovery) yang diperoleh setiap siswa dengan menilai setiap kinerja siswa dari tugas, kerja ilmiah dan diskusi yang telah dihitung nilai akhirnya. Sedangkan untuk data KPS diperoleh dengan mengunakan lembar Penilaian KPS dengan indikator yang telah ditetapkan melalui observasi langsung yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung di kelas. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji linearitas, korelasi, dan regresi linear F Liyan Desi Yulia sederhana antara data kinerja siswa pada penemuan terbimbing (guided discovery) dan keterampilan proses sains. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan hasil analisis uji hipotesis terdapat pengaruh kinerja siswa pada metode penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap keterampilan proses sains fisika siswa materi kalor di kelas VII F di SMP Negeri 20 bandar lampung dengan persamaan regresinya adalah 50,316 + 0,299 X. Namun demikian keterampilan proses sains saja tidak bisa dijadikan suatu tolak ukur bahwa seorang siswa dikatakan berhasil, karena keterampilan proses sains adalah salah satu indikator yang dapat menentukan suatu keberhasilan siswa dalam pembelajaran. date: 2012-10-05 date_type: published institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: 0853022033, LIYAN DESI YULIA (2012) PENGARUH KINERJA SISWA PADA METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA. Other thesis, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/1/1.%20Cover%20luar.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/2/2.%20Abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/3/3.%20COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/4/5.%20Menyetujui.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/5/6.%20Mengesahkan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/6/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/7/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/8/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/9/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/10/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/11/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/12/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/13/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/14/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/15/MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/16/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/17/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/18/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15297/19/Surat%20Pertanyaan.pdf