%A TRI LEGO INDAH F N 0853022053 %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA MATERI FISIKA MENGGUNAKAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS PADA SMP RSBI DI KOTA METRO %X Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP RSBI di kota Metro, diperoleh informasi nilai hasil belajar yang kurang dari KKM yang menjadi standar sekolah RSBI, yaitu 78 di SMP Negeri 4 Metro, dan 80 di SMP Negeri 1 Metro. Dugaan sementara hal tersebut dikarenakan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan dalam pembelajaran, tak terkecuali pembelajaran IPA Fisika. Penelitian ini membandingkan hasil belajar siswa menggunakan media TIK bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar IPA materi fisika siswa menggunakan media TIK bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada SMP RSBI di Kota Metro. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 di SMP Negeri 4 Metro dan SMP Negeri 1 Metro di Kota Metro. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas 7.A (di SMP Negeri 4 Metro) dan 7.1 (di SMP Negeri 1 Metro) sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas 7B (di SMP Negeri 4 Metro) dan 7.5 (di SMP Negeri 1 Metro) sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel pada penelitian Tri Lego Indah F N ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah ada perbedaan rata- rata hasil belajar IPA materi fisika siswa yang menggunakan media TIK bahasa Indonesia dengan yang menggunakan media TIK bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar siswa dan N-Gain pada kelas yang menggunakan media TIK bahasa Indonesia memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan dengan kelas yang menggunakan media TIK bahasa Inggris. Dengan rerata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 81, 46 (di SMP Negeri 4 Metro), dan 82, 29 (di SMP Negeri 1 Metro) sedangkan pada kelas eksperimen 2 sebesar 76, 88 (di SMP Negeri 4 Metro) dan 77, 29 (di SMP Negeri 1 Metro), serta rerata N-Gain sebesar 0,76 dan 0,71 di kelas eksperimen 1, dan rerata N- Gain sebesar 0,60 dan 0,69 di kelas eksperimen 2. %D 2013 %I Universitas Lampung %L eprints15299