@misc{eprints1530, month = {Agustus}, title = {HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERKOMUNIKASI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS VII SMP TUNAS HARAPAN BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2012/2013}, author = {Amilia Ratih Dewanti Alm) Yohanes Rachmad}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1530/}, abstract = {Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dalam berkomunikasi dengan komunikasi interpersonal. Permasalahan penelitian ?apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dalam berkomunikasi dengan komunikasi interpersonal. Metode penelitian adalah korelasional dengan rumus product Moment Pearson. Sampel penelitian yaitu 47 siswa kelas VII SMP Tunas Harapan Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data adalah skala komunikasi interpersonal dan skala kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dalam berkomunikasi dengan komunikasi interpersonal, ditunjukkan dari hasil perhitungan diperoleh data r hitung=0.979 dan r tabel=0.288. r hitung {\ensuremath{>}} r tabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dalam berkomunikasi dengan komunikasi interpersonal. Kesimpulan penelitian adalah ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dalam berkomunikasi dengan komunikasi interpersonal di sekolah pada siswa kelas VII SMP Tunas Harapan Bandar Lampung Tahun 2012/2013. Saran yang diberikan adalah (1) Kepada siswa diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan yakin terhadap diri sendiri. (2) Kepada konselor sekolah diharapkan untuk memahami permasalahan siswa mengenai kepercayaan diri dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. (3) Kepada peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat membuka wawasan yang lebih luas dengan mengambil variabel-variabel lain yang mempengaruhi komunikasi interpersonal siswa diantaranya persepsi interpersonal, atraksi interpersonal dan hubungan interpersonal. Kata kunci : Bimbingan dan Konseling, Kepercayaan Diri dalam Berkomunikasi, Komunikasi Interpersonal} }