%A MASJALEHA SIREGAR 0913069061 %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SDN 4 TALANG KECAMATAN TELUK BETUNG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa masih rendah dan hasil belajar siswa belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam Penelitian tindakan kelas ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II. Secara berurutan persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 72,5% menjadi 89,2% yaitu meningkat 16,7%. Demikian juga dengan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, secara berurutan persentase aktivitas belajar siswa dalam penelitian ini adalah 68,10% pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan 16,37% menjadi 84,47%. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar matematika dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 4 Talang Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. %D 2013 %I Universitas Lampung %L eprints15304