TY - UNPB ID - eprints15307 UR - http://digilib.unila.ac.id/15307/ A1 - 1013079085, P A R T I N I Y1 - 2012/10/16/ N2 - Pembelajaran Tematik IPS di kelas III SDS Swadhipa Bumisari Kecamatan Natar, berdasarkan pengamatan peneliti dan guru kelas, masih berpusat pada guru yang menekankan pada pemberian contoh-contoh secara lisan maupun tulisan dan belum memperhatikan bagaimana siswa memperoleh sendiri pengetahuannya sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran IPS dan juga sebagian siswa mendapat nilai di bawah nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 66. Tujuan penelitian untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS menggunakan metode inquiry siswa kelas III SDS Swadhipa Bumisari Natar. Prosedur penelitian yang digunakan berbentuk siklus, yang terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan inquiry rata-rata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas pada siklus I 6,37 meningkat menjadi 7,40 pada siklus I pertemuan II. Demikian juga hasil belajar siswa pada siklus II rata-rata sebesar 6,52 dan meningkat pada siklus II pertemuan II menjadi rata-rata 8,40. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENINGKATANAKTIVITAS DANHASIL BELAJARSISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA TEMA KELUARGA BAGI SISWA KELAS III SDS SWADHIPA BUMISARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -