%0 Thesis %9 Other %A 1013079100, Rohmanto %B FKIP %D 2013 %F eprints:15308 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN AKTTVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI TEKNIK SIMULASI PADA SISWA KELAS IV MIN ULUM SUKAMAJU KEC. JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/15308/ %X Tujuan Penelitian adalah (a). Mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dan (b). Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa setelah menggunakan permainan simulasi. Aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas IV MIN ULUM Sukamaju diperoleh nilai rata-rata 54,28 sedangkan KKM yang ditentukan yaitu 65,00 sehingga menuntut perlunya perbaikan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut : 1) perencanaan 2) tindakan 3) observasi dan evaluasi 4) refleksi dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan pembelajaran. Data dikumpulkan berdasarkan indicator penilaian yang dilakukan pada saat siswa sedang melaksanakan kegiatan to formatif kemudian dianalisis untuk mengetahui keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Bagian penelitian ini adalah (a). reta-rata aktivitas siswa siklus I yaitu 41,67 %, dan siklus II diperoleh 64,68 %. (b) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaiti 59,26 %, dan siklus II Nilai rata-rata yang diperoleh 67,25 %.