%0 Thesis %9 Other %A 1113119027, ROHIMAN %B FKIP %D 2013 %F eprints:15314 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 YOGYAKARTA KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2012 / 2013 %U http://digilib.unila.ac.id/15314/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Yogyakarta Kec. Gadingrejo pada pembelajaran IPA. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Masing-masing siklus dilakukan melalui 4 tahapan kegiatan yaitu : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Data yang diperlukan diperoleh melalui observasi menggunakan lembar / panduan observasi dan tes, menggunakan soal-soal tes. Selanjutnya data dianalisis dengan pendekatan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus 2 93,40%, sehingga terjadi peningkatan 33,40%. Demikian pula dengan hasil belajar siswa siklus I sebesar 63,33 dan pada siklus 2 sebesar 78,33 sehingga terjadi peningkatan 15.