?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENURUNAN+KECEMASAN+SISWA+SAAT+BERKOMUNIKASI+DENGAN+GURU+MENGGUNAKAN+PENDEKATAN+COGNITIVE+BEHAVIOR+THERAPY+TEKNIK+RELAKSASI+PADA+SISWA+KELAS+XI+SMA+NEGRI+1+WAY+LIMA+TA+2012-2013&rft.creator=Abriwansari%2C+Berlina&rft.subject=HE+Transportation+and+Communications&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.description=Masalah+dalam+penelitian+ini+adalah+siswa+mengalami+kecemasan+saat+berkomunikasi+dengan+guru.+Permasalahannya+%E2%80%9CApakah+kecemasan+siswa+saat+berkomunikasi+dengan+guru+dapat+diturunkan+menggunakan+pendekatan+Cognitive+Behavior+Therapy+teknik+relaksasi+pada+siswa+kelas+XI+SMA+Negri+1+Way+Lima+Tahun+Ajaran+2012-2013%3F%E2%80%9D.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+menurunkan+kecemasan+siswa+saat+berkomunikasi+dengan+guru.%0D%0AMetode+yang+digunakan+dalam+penelitian+quasi+eksperimen+desain+one-group+pretest-posttest.+Subjek+penelitian+enam+orang+siswa+kelas+XI+yang+mengalami+kecemasan+tinggi+saat+berkomunikasi+dengan+guru.+Hasil+yang+diperoleh+menunjukkan+bahwa+kecemasan+siswa+saat+berkomunikasi+dengan+guru+mengalami+penurunan+setelah+pemberian+treatment.+Hal+ini+terlihat+dari+hasil+perhitungan+nilai+P+(presentase+peningkatan)+sebesar+-51%25%2C+yang+artinya+tingkat+kecemasan+siswa+saat+berkomunikasi+dengan+guru+menurun+sebesar+51%25.%0D%0AKesimpulan+dari+penelitian%2C+penggunaan+pendekatan+Cognitive+Behavior+Therapy+teknik+relaksasi+dapat+menurunkan+tingkat+kecemasan+siswa+saat+berkomunikasi+dengan+guru.+Saran+yang+diberikan%3A+(1)+Siswa+yang+memiliki+kecemasan+tinggi+saat+berkomunikasi+dengan+guru+hendaknya+mengikuti+layanan+konseling+pendekatan+Cognitive+Behavior+Therapy+teknik+relaksasi.+(2)+Guru+Bimbingan+dan+Konseling+hendaknya+menggunakan+layanan+konseling+pendekatan+Cognitive+Behavior+Therapy+teknik+relaksasi+untuk+membantu+menurunkan+tingkat+kecemasan+siswa+saat+berkomunikasi+dengan+guru.+(3)+Bagi+peneliti+lain+yang+meneliti+masalah+kecemasan+dapat+melakukan+penelitian+dengan+treatment+berbeda+yang+dapat+digunakan+untuk+menangani+masalah+kecemasan.%0D%0AKata+kunci%3A+cognitive+behavior+therapy%2C+kecemasan+siswa+saat+berkomunikasi%2C+relaksasi&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-05-06&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F5%2FHALAMAN%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F13%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Abriwansari%2C+Berlina++(2014)+PENURUNAN+KECEMASAN+SISWA+SAAT+BERKOMUNIKASI+DENGAN+GURU+MENGGUNAKAN+PENDEKATAN+COGNITIVE+BEHAVIOR+THERAPY+TEKNIK+RELAKSASI+PADA+SISWA+KELAS+XI+SMA+NEGRI+1+WAY+LIMA+TA+2012-2013.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1532%2F