%A SUWARNO 0723011091 %J Digital Library %T HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG KEPENDIDIKAN, MOTIVASI KERJA, DAN SARANA PRASARANA DENGAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN %X Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan pengetahuan guru tentang kependidikan, motivasi kerja guru, dan sarana prasarana baik secara sendiri-sendiri (korelasi sederhana) maupun secara bersama-sama (multipel korelasi) dengan kinerja guru. Jenis penelitian menggunakan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh guru pada MTs Negeri di Kabupaten Lampung Selatan berjumlah 130 orang. Pengambilan sampel menggunakan tabel Krecjie diperoleh sampel 40 guru. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan dianalisis dengan korelasi produk moment. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan yang positif, erat, dan signifikan antara: 1) pengetahuan guru tentang kependidikan dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar rxly=0,710; 2) motivasi kerja dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,693; 3) sarana prasarana dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi rx3y=0,689; dan 4) pengetahuan guru tentang kependidikan, motivasi kerja, dan sarana prasarana secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar rxl,2, y = 0,779. Keempat hip?tesis tersebut sesuai dengan kriteria uji yaitu ada hubungan positif karena r hitung > 0, erat karena r hitung > 0,600 dan signifikan karena rhitung > r tabel 0,257. Kata Kunci: Pengetahuan Kependidikan, Motivasi Kerja, Sarana Prasarana, Kinerja Guru. The purpose of this research was to analyze the correlation of the knowledge about teachers education, work motivation and good infrastructure independently (simple correlation) or simultaneously (multiple correlation) with teacher performance This type of research using the technique of correlation. The population in this research the entire country in MTs teachers in South Lampung Regency totaled 130 people. Sampling using tables Krecjie obtained a sample of 40 teachers. The Data collected with a questionnaire and analyzed with the correlation of the product moment. The conclusion of the research was a positive correlation, intimately, and significant 1) knowledge about teacher education with teacher performance by a coefficient of rxly=0,710 ; 2) motivation of working with teacher performance with a coefficient of correlation of rx2y =0,693; 3) infrastructure with the performance of the teacher with the correlation coefficient rx3y = 0.560; and 4 local teachers) knowledge, motivation, and infrastructure together with the performance of the teacher with the coefficient of correlation of rxl,2,3y = 0,779. The fourth hip the thesis in accordance with the test criteria that there is a positive correlation for r > 0, closely because r count > 0,60; and significant because r count > r table 0,257. Keywords: Knowledge Education, Motivation, Infrastructure, Performance. %L eprints15330