TY - JOUR ID - eprints15332 UR - http://digilib.unila.ac.id/15332/ A1 - 0723011098, TRI SETYOJATI N2 - Tujuan penelitian ini adalah menganalisis:1) desain perencanaan, 2) proses pembelajaran, 3) evaluasi pembelajaran sejarah, dan 4) peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran dengan aneka sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan tiga siklus. Siklus pertama siswa menggunakan aneka sumber belajar pada pesan (massages) dan orang (people) dengan teknik menggunakan buku, dan belajar dalam kelompok. Siklus kedua melalui bahan (materials), dan alat (devices) dengan menggunakan audiovisual. Siklus ketiga menggunakan aneka sumber belajar melalui teknik serta lingkungan (setting) dengan melakukan pengamatan langsung pada objek sejarah. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMA N 2 OKU Sumatera Selatan. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh: 1) desain perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan silabus, rencana pembelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, alokasi waktu, metode, kegiatan, penilaian prestasi belajar dengan menerapkan pendekatan aneka sumber dimana siklus pertama dengan sumber belajar pesan dan orang; siklus kedua menggunakan sumber belajar pesan, orang, bahan, dan alat; siklus ketiga menggunakan semua sumber meliputi pesan orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan; 2) proses pembelajaran dengan pendekatan aneka sumber belajar, meningkatkan aktivitas siswa pada aspek: mencatat hasil pembelajaran, bertanya, menjawab pertanyaan, memberikan pendapat, dan mengerjakan tugas/latihan, 3) evaluasi dilaksanakan dengan tes dengan jumlah soal 20 item berbentuk pilihan ganda dengan reliabilitas soal baik, pada siklus pertama 0,930; siklus kedua 0,860; dan siklus ketiga 0,900. Besarnya daya beda dari ketiga siklus termasuk dalam kriteria baik dimana pada siklus pertama sebesar 0,504; pada siklus kedua 0,464; dan siklus ketiga 0,520. Sedangkan tingkat kesukaran soal dalam kriteria sedang yaitu pada siklus pertama sebesar 0,740; pada siklus kedua 0,716; dan siklus ketiga 0,657; dengan rata-rata hasil belajar dari 68,056 naik ke siklus kedua menjadi 71,319 dan naik siklus ketiga menjadi 76,319; 4) terdapat peningkatan nilai prestasi belajar siswa meningkat siklus pertama ke siklus dua dengan peningkatan 3,264. Sedangkan siklus kedua ke siklus ke tiga mengalami peningkatan rata-rata 5,00. Kata kunci: prestasi belajar, aneka sumber belajar, sejarah, aktivitas siswa Research purposes it is analyzing: 1) a design planning, 2) the learning process, 3) evaluation teaching history, and 4) improve achievement learning students learning through with many source of learning. This type of research is research actions. The first cycle students use a variety of learning resources on the message (massages) and the person (people) with the techniques of using books, and learning in groups. The second cycle through material (materials), and tools (devices) by using audiovisual. The third cycle using a variety of learning resources and techniques through the environment (setting) and do direct observation on objects of history. The subject is grade X in public high school 2 OKU south Sumatra totaling 72 students on semester odd Years Lessons 2012/2013. Data collected by using chief and tests and analyzed by descriptive qualitative. The research results obtained: 1) design learning planning include the preparation of learning plans, syllabus, standard of competence, the competence base, indicators, goals, content, time allocations, methods, activities, learning achievement assessment by applying a variety of approaches to the source where the first cycle with messages and learning resource person; the second cycle using learning resources message, people, materials, and tools; the third cycle using all sources include messages of people, materials, tools, techniques, and the environment; 2) the learning process with a variety of approaches to learning resources, increasing the activity of the students on: record the results of learning, ask questions, answer questions, give opinions, and task/exercise, 3) evaluation was carried out by a test with a total of about 20 items in the form of multiple choice with a reliability problem, either on the first cycle 0,799; the second cycle 0,860; and the third cycle 0,900. The magnitude of the power difference of the third cycle are included in the criteria of good where on the first cycle of 0,504; in the second cycle 0,464; and the third cycle 0,520. While the matter of difficulty in the criteria are in the first cycle of 0,740; in the second cycle 0,716; and the third cycle 0,657; with an average result of learning from 68,056 ascended to the second cycle became the third cycle and ride 71,319 became 76,319; 4) there is an increase in the value of learning achievements of students increased the first cycle to cycle with an increase of 3,264. While the second cycle to cycle to three experienced increased an average of 5,00. Keywords: learning achievements, variety of learning resources, history, student activities JF - Digital Library TI - PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN ANEKA SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 OKU SUMATERA SELATAN AV - restricted ER -