%0 Journal Article %A 0743021031, Leni Widiarti %F eprints:15337 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Gunung Sugih Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/15337/ %X Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT ditinjau dari masing-masing kemampuan awal siswa maupun secara keseluruhan, serta mengetahui in-teraksi antara kemampuan awal siswa dengan model pembelajaran terhadap pe-mahaman konsep mate¬matis siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial 3 x 2. Melalui teknik purposive sampling diperoleh sampel penelitian adalah kelas VIII B seba¬gai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi satu jalur dan analisis variansi dua jalur. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa pemahaman konsep matematis sis-wa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT le-bih baik dari siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kon¬ven¬¬-sional. Jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pembelajaran konvensional tetapi jika ditinjau dari kemampu-an awal sedang dan kemampuan awal rendah pembelajaran kooperatif tipe TGT sama dengan pembelajaran konvensional, serta tidak terdapat interaksi an¬tara ke-mampuan awal siswa dan model pembelajaran terhadap pemahaman kon¬sep mate-matis siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koo¬¬¬pe¬ratif tipe TGT lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran kon¬vensional jika dilihat dari kemampuan awal tinggi maupun secara keseluruhan. Namun, jika di¬lihat dari kemampuan awal sedang dan kemampuan awal rendah pembelajaran kooperatif tipe TGT memberikan hasil yang kurang optimal pada siswa kelas VIII SMP N 1 Gunung Sugih Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata kunci: efektivitas, kemampuan awal, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, pemahaman konsep matematis