%A Leni Widiarti 0743021031 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Gunung Sugih Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012) %X Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT ditinjau dari masing-masing kemampuan awal siswa maupun secara keseluruhan, serta mengetahui in-teraksi antara kemampuan awal siswa dengan model pembelajaran terhadap pe-mahaman konsep mate?matis siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial 3 x 2. Melalui teknik purposive sampling diperoleh sampel penelitian adalah kelas VIII B seba?gai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi satu jalur dan analisis variansi dua jalur. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa pemahaman konsep matematis sis-wa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT le-bih baik dari siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kon?ven??-sional. Jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pembelajaran konvensional tetapi jika ditinjau dari kemampu-an awal sedang dan kemampuan awal rendah pembelajaran kooperatif tipe TGT sama dengan pembelajaran konvensional, serta tidak terdapat interaksi an?tara ke-mampuan awal siswa dan model pembelajaran terhadap pemahaman kon?sep mate-matis siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koo???pe?ratif tipe TGT lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran kon?vensional jika dilihat dari kemampuan awal tinggi maupun secara keseluruhan. Namun, jika di?lihat dari kemampuan awal sedang dan kemampuan awal rendah pembelajaran kooperatif tipe TGT memberikan hasil yang kurang optimal pada siswa kelas VIII SMP N 1 Gunung Sugih Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata kunci: efektivitas, kemampuan awal, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, pemahaman konsep matematis %L eprints15337