@article{eprints15349, title = {ANALISIS BUKU HISTORY OF JAVA DITINJAU DARI BEBERAPA SUMBER SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR PELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS}, author = {Inayatullah Wijayanti 0713033031}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15349/}, abstract = {Buku History Of Java mengandung unsur sejarah, mulai dari asal mula penduduk asli tanah Jawa yang telah mengenal berbagai macam jenis logam hingga masuknya Islam di tanah Jawa yang juga telah membawa dampak yang sangat berpengaruh di tanah Jawa. Dalam buku ini, Raffles yang memerintah sebagai Gubernur-Jendral di Hindia-Belanda dari tahun 18111816 menuliskan mengenai keadaan penduduk di pulau Jawa, adat-istiadat, keadaan geografi, sistem pertanian, sistem perdagangan, bahasa dan agama yang ada di pulau Jawa pada waktu itu. Melalui buku History of Java penulis mencoba untuk menganalisis melalui beberapa literatur dan sumber lainnya sebagai perbandingan guna mendapatkan informasi yang autentik dalam rangka pembuatan suplemen bahan ajar di Sekolah Menengah Atas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : ?Bagaimanakah Analisis buku History Of Java mengenai budaya masyarakat Jawa dibandingkan dengan beberapa literatur dan sumber lain dari internet sebagai bahan ajar Pendidikan Sejarah di SMA?? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Menganalisia mengenai buku History Of Java dengan mencari perbandingan dari beberapa literatur dan sumber lain dari internet. Penulis menggunakan metode penelitian histories dan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik kepustakaan serta menganalisis data dengan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini, menunjukkan adanya perbandingan antara buku History of Java dengan literatur dan artikel pembanding yang penulis akses dari internet, sehingga pembahasan penelitian setelah penulis melakukan perbandingan, yaitu : Bahasa. Melalui penelitian ini penulis membahas salah satu sample bahasa yang dipergunakan di wilayah Jawa yaitu Bahasa sunda, yang banyak dipengaruhi oleh bahasa Sanskrit, melayu dan Arab. Sistem Pengetahuan. Bagi masyarakat Jawa, sistem astronomi digunakan hanya untuk mengetahui waktu yang tepat untuk bercocok tanam, memanen tanaman, dan berlayar serta mengetahui perdana-pertanda buruk yang akan dihadapi dalam kehidupan. Organisasi Sosial. Dalam organisasi sosial pada masyarakat Jawa, raja merupakan pemegang otoritas tertinggi dalam susunan masyarakat. Seorang raja. Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi. Setelah berkembangnya pola pikir masyarakat Jawa, sehingga mereka mampu membuka lahan untuk pertanian, membuat alat-alat pertanian dan dapat hidup menetap di suatu tempat sehingga mereka mampu memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari tanpa harus berpindah tempat (nomaden) untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sistem Mata Pencaharian Hidup. Masyarakat Jawa memulai usaha bertani pada mulanya membuka daerah pegunungan untuk dijadikan lahan dan menggunakan tenaga kerbau untuk membajak sawah. Sistem Religi. Sebelum masuknya agama di Daerah Jawa, masyarakat Jawa telah mengenal kepercayaan untuk menyembah nenek moyang. Kebiasaan ini tidak dapat hilang begitu saja dalam masyarakat Jawa meskipun berbagai macam agama telah masuk ke daerah ini. Kesenian, Masyarakat Jawa sangat menggemari kesenian wayang, ceritanya biasanya mengenai Mahabarata yang kemudian berkembang mengenai kehidupan sosial pada masyarakat Jawa. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penulis menjelaskan mengenai perbedaan dan persamaan mengenai tujuh unsur kebudayaan pada masyarakat Jawa yang dikemukakan dalam buku History Of Java dengan literature dan artikel pembanding yang penulis akses dari internet.} }