%0 Generic %9 Masters %A Sri Oktari, 1113022059 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:15378 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SUHU DAN KALOR %U http://digilib.unila.ac.id/15378/ %X Telah dilakukan penelitian pengembangan LKS berbasis inkuiri terbimbing dengan materi Suhu dan Kalor. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan LKS materi Suhu dan Kalor berbasis inkuiri terbimbing, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan, serta keefektifan produk. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Hasil uji eksternal menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memiliki nilai kemenarikan dengan skor 3,52 (menarik), kemudahan dengan skor 3,49 (sangat mudah), dan kemanfaatan dengan skor 3,48 (bermanfaat). Selain itu, produk yang dikembangkan efektif dilihat dari hasil belajar siswa, yaitu 82, 14% siswa telah tuntas KKM yaitu 76. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif sebagai suatu media pembelajaran pada kurikulum 2013. Kata kunci: inkuiri terbimbing, lembar kerja siswa, pengembangan, suhu dan kalor