TY - JOUR ID - eprints15381 UR - http://digilib.unila.ac.id/15381/ A1 - 0743023029, Khairiah Nur Islami N2 - Hasil observasi di SMA YP Unila Bandar Lampung diketahui bahwa pembelajar-an yang paling sering digunakan adalah metode ceramah dengan media berupa tampilan microsoft office powerpoint yang berisi point penting materi yang akan diajarkan. Hal tersebut belum membimbing siswa untuk lebih memahami konsep hukum-hukum dasar kimia serta melatih kemandirian belajarnya. Oleh karena itu, dirancang pembelajaran dengan menerapkan model Learning Cycle 3E. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 3E dalam meningkatan penguasaan konsep pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung semester ganjil Tahun 2011-2012 dengan kelas X7 dan X10 sebagai sampel. Metode Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran ini diukur berdasar-kan N-Gain yaitu perbandingan selisih skor pretest dan postest dengan selisih skor maksimal dan pretest. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-gain untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,392 dan 0,503. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa kelas yang diterapkan model Learning Cycle 3E memiliki penguasaan kon-sep yang lebih tinggi dibandingkan kelas yang diterapkan pembelajaran konven-sional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran hukum-hukum dasar kimia dengan model Learning Cycle 3E lebih efektif terhadap penguasaan konsep siswa. Kata kunci : Pembelajaran dengan model Learning Cycle 3E, penguasaan konsep. JF - Digital Library TI - EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA AV - restricted ER -