%A ABDUL HALIM %T IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO UNTUK PENINGKATKAN AKTIVITAS, DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PESISIR SELATAN KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN 2010 %X Tujuannya penelitian ini adalah mendeskripsikan perencana pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, sistem evaluasi pembelajaran, dan peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran portofolio pada mata pelajaran PKn siswa kelas XI SMA Negeri I Pesisir Selatan Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) adalah penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran portofolio dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Peningkatan ditunjukan oleh rata-rata persentase aktivitas siswa kelas XI IPA 1 siklus I, II dan siklus III mengalami peningkatan. Pada siklus I adalah 31% dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 76,30%sedangkan pada siklus III mencapai 88,20%. Begitu juga halnya dengan kelas XI IPA 2, pada siklus I aktivitas belajar siswa yang diperoleh adalah 27% pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 73,68%, siklus III mengalami peningkatan 85,50%. Peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 Pada siklus I hasil rata-rata hasil belajar yang diperoleh 58,80, pada siklus II mengalami peningkatan 68,40, sedangkan pada siklus III mencapai 79,30. Siswa kelas pada siklus I hasil rata-rata yang diperoleh adalah 59,00 dan pada siklus II adalah 72,29, sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan mencapai 78,40. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model portofolio pada pembelajaran PKn siswa kelas XI IPA 1 dan IPA 2 dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar. Kata Kunci: Portofolio, Aktivitas, dan Prestasi Belajar. %D 2011 %I Fakultas KIP %L eprints1541