%A KHAIRUNNISA Johar Tabsyir, %T MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKADANA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2012/2013 %X Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ?apakah motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok?? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen semu dengan one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian sebanyak enam siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Motivasi Belajar dan Observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok, terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji beda wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest diperoleh zoutput < ztabel (-2,207 < 0) maka Ha diterima, dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukadana Lampung Timur Tahun Ajaran 2012/2013. Saran yang dapat diberikan (1) Siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, hendaknya mengikuti layanan konseling kelompok (2) Guru Bimbingan Konseling hendaknya menggunakan konseling kelompok untuk membantu meningkatkan motivasi belajar (3) kepada peneliti lain, hendaknya melakukan penelitian mengenai masalah yang sama tetapi dengan subjek berbeda. Kata kunci : Motivasi Belajar, Konseling Kelompok, Bimbingan & Konseling %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1545