%0 Journal Article %A 0413022002, DEWI RAHMAWATI %D 2012 %F eprints:15458 %J Digital Library %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PEMBERIAN PRETEST DAN POSTEST DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF %U http://digilib.unila.ac.id/15458/ %X Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan salah seorang guru fisika Dewi Rahmawati kelas VIII di SMP Surya Dharma 2 Bandar Lampung menunjukkan bahwa 95,8% siswa menginginkan pembelajaran sains lebih banyak praktek dari pada teori sehingga proses pembelajaran tidak membosankan dan 100% siswa menginginkan pembelajaran lebih banyak humor, menyenangkan, dan santai. Hal ini didukung dari survey awal peneliti dimana interaksi antar siswa kurang, karena siswa hanya mengerjakan tugas secara individu, kurangnya kreativitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah dapat mendeskripsikan kreativitas, pemahaman konsep dan kompetensi belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan keterampilan proses pada materi poko cahaya. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII Akselerasi di SMP Negeri 2 Bandar Lampung yang berjumlah 24 orang. Dewi Rahmawati Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Pada siklus I diperoleh rata-rata pretest 78,79, rata-rata postest 73,65, rata-rata prestasi belajar 49,74. Pada siklus II diperoleh pretest 80,83, rata-rata postest 81,30, rata-rata prestasi belajar 77,68. Pada siklus III rata-rata pretest diperoleh 81,67, rata-rata postest 81,51, rata-rata prestasi belajar 80,94. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan peneliti, pada siklus I, II dan III terjadi peningkatan terhadap kreativitas berfikir, penguasaan konsep, dan kompetensi belajar, jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika materi pokok cahaya menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kreativitas berfikir, penguasaan konsep dan kompetensi belajar siswa.