%0 Journal Article %A 0743032029, Novia Frisca Putri %D 2012 %F eprints:15464 %J Digital Library %T HUBUNGAN ANTARA KONDISI KELUARGA KONDISI SOSIAL DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KARYA MATARAM KECAMATAN MERBAU MATARAM LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/15464/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kondisi keluarga kondisi sosial dan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar siswa SMA Karya Mataram Kec. Merbau Mataram Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012. Hipotesis dalam penelitian ini apakah ada hubungan antara kondisi keluarga kondisi sosial dan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar siswa SMA Karya Mataram Kec. Merbau Mataram Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sampel berjumlah 31 responden, analisis data menggunakan teknik angket. Setelah diolah dengan menggunakan rumus menguji hipotesis. Lalu di uji keeratan dengan menggunakan Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi keluarga, kondisi sosial dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa terbukti dengan x^2 hitung lebih besar dari x^2 tabel ( x^2 hitung ≥ x^2 tabel ), yaitu 23,9 ≥ 9,49, sehingga kondisi keluarga, kondisi sosial dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa.