%0 Thesis %9 Other %A 0543024022, JUNIZAR SABANTO %B FKIP %D 2010 %F eprints:15469 %I Universitas Lampung %T PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE (SIKLUS BELAJAR) 5 FASE TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM Junizar Sabanto (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/15469/ %X Pembelajaran biologi di SMP Negeri 13 Bandar Lampung, masih berlangsung secara konvensional, sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak terhadap rendahnya hasil belajar biologi siswa. Untuk itu perlu diberikan satu alternatif pemberian model pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model Learning Cycle 5 Fase. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5 Fase terhadap penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa dan untuk mengetahui manakah penguasaan materi pokok ekosistem yang lebih tinggi antara kelas yang menggunakan model Learning Cycle 5 Fase dan kelas tanpa menggunakan model Learning Cycle 5 Fase.