%A MISFI LAILI ROHMI 0613031028 %T PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN CARA BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNILA ANGKATAN 2007 NON-REGULER TAHUN AKADEMIK 2008/2009 %X Pendidikan di Indonesia dewasa ini masih dihadapkan pada masalah rendahnya prestasi atau hasil belajar anak didik. Hal ini tentunya tidak terlepas dari adanya berbagai faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, antara lain tujuan, materi, sumber belajar, metode, suasana kelas dan evaluasi belajar. Faktor yang tidak kalah penting dalam mempengaruhi prestasi belajar anak didik adalah motivasi belajar dan cara belajar. Apakah ada pengaruh positif motivasi belajar dan cara belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unila Angkatan 2007 non-Reguler Tahun Akademik 2008/2009 Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi (2) Untuk mengetahui pengaruh positif cara belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi (3) Untuk mengetahui pengaruh positif motivasi belajar dan cara belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unila Angkatan 2007 non-Reguler Tahun Akademik 2008/2009. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto dan survei. Sampel penelitian adalah mahasiswa non- Reguler Program Studi Ekonomi Jurusan IPS FKIP Universitas Lampung Angkatan 2007 yang berjumlah 39 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi pada mahasiswa non-Reguler Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung Angkatan 2007 Tahun Ajaran 2008/2009, dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 28,22% (2) Ada pengaruh positif cara belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi pada mahasiswa non-Reguler Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung Angkatan 2007 Tahun Ajaran 2008/2009, dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 24,07%. (3) Ada pengaruh positif motivasi belajar dan cara belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi pada mahasiswa non-Reguler Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung Angkatan 2007 Tahun Ajaran 2008/2009, dengan kadar determinasi sebesar 52,3%. %D 2010 %I Universitas Lampung %L eprints15473