@unpublished{eprints15475, month = {Oktober}, title = {PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MATAKULIAH IPS TERPADU DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH PADA SEMESTER III UNIVERSITAS LAMPUNGTAHUN AJARAN 2009/2010}, school = {Universitas Lampung}, author = {Desi Natalya 0613033019}, year = {2010}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15475/}, abstract = {Hasil belajar mahasiswa merupakan hasil yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa dalam mempelajari materi perkuliahan yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi perkuliahan tertentu. Hasil setiap mahasiswa tidaklah sama atau berbeda. Setiap mahasiswa ingin memperoleh hasil belajar yang tinggi, ada dua faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar mahasiswa yaitu faktor dari dalam diri mahasiswa dan dari luar diri mahasiswa.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami atau mengetahui sejauh mana Pengaruh Persepsi Mahasiswa Terhadap Matakuliah IPS Terpadu Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Pada Semester III Tahun Pelajaran 2009/2010. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) tidak adanya pengaruh antara persepsi mahasiswa terhadap matakuliah IPS Terpadu dengan hasil belajar, (2) adanya pengaruh antara persepsi mahasiswa terhadap matakuliah IPS Terpadu dengan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh persepsi individu mahasiswa terhadap matakuliah IPS Terpadu dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah pada semester III angkatan 2008 Universitas Lampung Tahun Ajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode ini digunakan untuk menggambarkan keadaan yang terjadi pada saat ini serta mempelajari kegiatan-kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan, serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh-pengaruh dari suatu fenomena. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program studi Sejarah Angkatan 2008 sebanyak 70 orang. Penelitian ini termasuk penelitian populasi, karena jumlah populasi kurang dari 100 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah Persepsi mahasiswa terhadap matakuliah IPS Terpadu pada semester III merupakan variabel bebas (X). Hasil belajar mahasiswa Program Studi pendidikan sejarah pada semester III merupakan variabel terikat (Y). Hasil penelitian ini adalah menunjukan, adanya hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap matakuliah IPS Terpadu dengan hasil belajar pada semester III Program Studi Pendidikan Sejarah angkatan 2008 tahun ajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan didapat Hubungan antara persepsi belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu sebesar 0.520 termasuk kategori hubungan yang tinggi dengan kadar determinasi 0.270 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi persepsi mahasiswa sebesar 27 \%, sisanya sebesar 73 \% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.} }