TY - UNPB ID - eprints15476 UR - http://digilib.unila.ac.id/15476/ A1 - 0613033023, EKA SEPTIANI Y1 - 2010/11/06/ N2 - Pembelajaran merupakan suatu sistem, dengan demikian pencapaian standar pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dimulai dari menganalisis setiap komponen yang dapat membentuk dan mempengaruhinya. Begitu banyak komponen yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran, tidak mungkin upaya peningkatan kualitas dilakukan dengan memperbaiki setiap komponen secara serempak. Selain komponen-komponen itu keberadaanya terpencar, juga sulit untuk menentukan kadar keterpengaruhan setiap komponen. Namun demikian, salah satu komponen yang selama ini dianggap sangat mempengaruhi proses pembelajaran adalah guru. Guru merupakan ujung tombak yang berhubungan langsung dengan subyek dan obyek belajar, yaitu siswa. Berdasarkan dari Iatar belakang masalah, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut 1) Apakah pola pendekatan guru dapat mempengaruhi hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS Semester Genap di SMA Negeri 1 Natar - Lampung Selatan, 2) Sejauh mana pengaruh Pola pendekatan guru terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS Semester Genap di SMA Negeri 1 Natar - Lampung Selatan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pola Pendekatan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Natar - Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2009 2010 Untuk mengumpulkan data digunakan angket dan dokumentasi sebagai metode pokok dan interviu serta observasi sebagai metode pelengkap. Untuk analisis data digunakan analisis statistik dengan uji Chi Kuadrat. Dari hasil analisis dipatkan kesimpulan : 1. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus koefisien kontingensi (KK), didapatkan hasil KK = 0,731. Hasil KK = 0,731 ini ternyata ada pada kategori cukup. Dengan demikian berarti terdapat pengaruh yang cukup erat antara pendekatan guru pada siswa terhadap hasil belajar sejarah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2009 2010. 2. Terdapat signifikasnis hubungan antara kedua variabel yang ditunjukan oleh hasil perhitungan Che Kuadrat = 51,68 ternyata lebih besar dari tabel kritik Che Kuadrat pada derajat kebebasan (d.b) = 4 pada taraf signifikan 1% maupun 5%. Dengan demikian berarti terdapat peranan yang signifikan pendekatan guru pada siswa dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Natar - Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2009 2010 PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENGARUH POLA PENDEKATAN GURU PADA SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2009 2010 AV - restricted ER -