TY - UNPB ID - eprints15484 UR - http://digilib.unila.ac.id/15484/ A1 - 0643031048, Yulia Wita Lestari Y1 - 2010/09/13/ N2 - Pendidikan sangat penting dalam kehidupan dan pendidikan mempunyai tanggungjawab yang sangat besar dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas, dan memiliki daya saing tinggi. Oleh karena itu, dalam rangka perbaikan mutu pendidikan haruslah diupayakan oleh semua pihak yang terkait dalam proses pendidikan baik itu oleh pemerintah, guru, orang tua maupun siswa itu sendiri. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas XI SMK YP 17 Baradatu Way Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010, dapat dikatakan bahwa hasil belajar ekonomi yang dicapai siswa tersebut masih tergolong rendah. Tinggi rendahnya hasil belajar ekonomi yang dicapai oleh siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pada penelitian ini faktor-faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMK YP 17 Baradatu Way Kanan diantaranya fasilitas belajar di sekolah dan persepsi siswa tentang kompetensi gurunya. Dengan demikian penelitian ini mengkaji tentang Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMK YP 17 Baradatu Way Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010 Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh fasilitas belajar di sekolah dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMK YP 17 Baradatu Way Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010 . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post pacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK YP 17 Baradatu Way Kanan yang berjumlah 159 siswa dengan jumlah sampel 114 siswa, yang diambil dengan teknik simpel random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, dokumentasi, studi perpustakaan, wawancara dan angket. Untuk menguji hipotesis satu dan dua menggunakan statistik t dengan model korelasi product moment sedangkan untuk uji hipotesis ketiga menggunakan statistik F. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMK YP 17 Baradatu Way Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa t hitung atau 7,092 >1,990. 2. Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMK YP 17 Baradatu Way Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa t hitung > tabel atau 10,260 > 1,990. 3. Ada pengaruh fasilitas belajar di sekolah dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas XI SMK YP 17 Baradatu Way Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji F yang menunjukan bahwa F hiting > F tabel atau 67,518 > 3,08. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMK YP 17 BARADATU WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 AV - restricted ER -