TY - JOUR ID - eprints15490 UR - http://digilib.unila.ac.id/15490/ A1 - 0743022008, Benetty Okti Violetti N2 - Pemahaman konsep sangat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Konsep merupakan hasil dari pengolahan informasi yang disampaikan dalam berbagai bentuk Masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Adakah perbedaan peningkatan pemahaman konsep fisika siswa antara penerapan model pembelajaran CLIS dengan model pembelajaran langsung ?, (2)Manakah peningkatan pemahaman konsep yang lebih tinggi, antara model pembelajaran CLIS dengan model pembelajaran langsung?. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Perbedaan peningkatan pemahaman konsep fisika siswa antara penerapan model pembelajaran CLIS dengan model pembelajaran langsung. (2) Peningkatan pemahaman konsep yang lebih tinggi, antara model pembelajaran CLIS dengan model pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas X SMA Persada Bandar Lampung pada semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 173 orang. Sampel Benetty Okti Violetty penelitian dipilih dengan teknik Purposive sampling dan diperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 34 orang dan kelas X2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 orang. Desain penelitian yang dignakan pada penelitian ini berupa one group pretest-postest Design. Pada desain ini, terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan postest setelah diberi perlakuan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menggamati kemampuan pemahaman konsep siswa yaitu berupa tes penguasaan konsep. Setelah dilakukan penelitian dan dilakukan analisis data, hasil uji normalitas diketahui bahwa data pemahaman kosep siswa berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis data untuk menguji hubungan variabel bebas dengan variabel terikat dengan menggunakan uji-t, dan diperoleh nilai t hitung > t tabel (3,586 > 1,997) sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1)Ada perbedaan peningkatan pemahaman konsep pembelajaran fisika antara menerapkan model pembelajaran CLIS dengan model pembelajaran langsung. (2)Peningkatan pemahaman konsep pembelajaran fisika dengan menggunakan model CLIS lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran langsung, dengan rata-rata persentase kenaikan pemahaman konsep menggunakan model pembelajaran CLIS sebesar 49% dan menggunakan model pembelajaran langsung sebesar 45%. JF - Digital Library TI - EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN FISIKA AV - restricted ER -