%A Ngatmiatun 0713056310 %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SRI REJOSARI KECAMATAN WAY JEPARA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 %X Penelitian ini bermula dari hasil pengamatan peneliti terhadap hasil ujian semester ganjil 2009/2010 yang dalam kenyataannya nilai pelajaran Matematika hasilnya belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau dikenal dengan classroom action research. Penelitian tindakan kelas terdiri dari beberapa siklus, dan pada setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar panduan observasi dan lembar tes. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010 di SDN Sri Rejosari Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika. Hal ini dapat dilihat dari perubahan yang berkelanjutan dalam aspek-aspek aktivitas belajar siswa yaitu, beberapa siswa yang tadinya mengganggu teman dan bermain pada siklus I, tidak lagi terjadi pada siklus II. Kemudian aktivitas yang diinginkan mengalami peningkatan dari sedang menjadi sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan rerata kelas yaitu dari 70,95 menjadi 89,52. Hal ini menggambarkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. %D 2010 %I Universitas Lampung %L eprints15500