TY - UNPB ID - eprints15501 UR - http://digilib.unila.ac.id/15501/ A1 - 0713056407, HARI SUPIATI Y1 - 2010/10/17/ N2 - Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang selama ini, adanya kesenjangan antara model pembelajaran yang digunakan guru. Sehingga siswa dalam mengikuti pembelajaran, menjadi jenuh. Untuk mengatasi permasalahan, peneliti menerapkan suatu pendekatan Cooperatif Learning. Diharapkan dengan peneraparan pendekatan Cooperatif Learning pada mata pelajaran IPS hasil belajar siswa meningkat. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 03 Mulyo Asri yang berjumlah 31 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam Bidang Studi IPS kelas III di SDN 03 Mulyo Asri. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui kegiatan observasi dan pemberian tugas melalui tes, sedangkan pengolahan datanya dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Aktivitas belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu siklus 1 rata-rata 65,05% meningkat menjadi 75,45% pada siklus II, 2) Hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami kenaikan yaitu pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa 6,25 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat rata-rata 7,00 dan 3) Aktivitas guru selama pembelajaran setiap siklusnya juga mengalami kenaikan, yaitu siklus I 2,66 dan siklus II meningkat menjadi 3,05 dengan kategori baik. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III DENGAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING DI SDN 03 MULYO ASRI, KAC. TULANG BAWANG TENGAH KAB. TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010 AV - restricted ER -