TY - UNPB ID - eprints15502 UR - http://digilib.unila.ac.id/15502/ A1 - 07130563002, ANITASARI Y1 - 2010/10/15/ N2 - Kurang variatifnya metode pembelajaran yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Braja Asri terutama kelas IV menyebabkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menjadi rendah. Hal ini menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpula data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan akttivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkkan dengan presentase siswa aktif pada siklus I sebesar 66,3 % menjadi 75,2 % pada siklus II serta kenaikan rata-rata nilai siswa dari 66,9 pada siklus I menjadi 72,3 akhir pada siklus . Mengacu pada temuan-temuan hasil ini, maka dapat direkomendasikan bahwa: (a) penerapan metode eksperimen dapat menjadi salah satu alternatif bagi rekan sejawat di tempat tugas masing-masing dalam melakukan pembelajaran di kelas, (b) pihak sekolah agar dapat memberikan perhatian maksimal terutama pengadaan sarana dan prasarana pendukung agar penerapan metode eksperimen atau metode yang lain dapat dilaksanakan oleh guru dengan lebih baik lagi. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN KELAS IV SDN BRAJA ASRI KECAMATAN WAY JEPARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 AV - restricted ER -