%A FAHMI APRIYANTO 0413024025 %T PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA OLEH SISWA %X Multimedia pembelajaran didisain untuk melibatkan pengguna secara aktif di dalam proses pembelajaran, juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Melalui pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing setiap siswa dituntut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan animasi multimedia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing terhadap penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia oleh siswa; 2) penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia oleh siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing dan animasi multimedia dibandingkan tanpa menggunakan animasi multimedia. Sampel dipilih dari populasi seluruh siswa kelas VIII semester ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010 SMP Budaya Bandar Lampung dengan teknik cluster Fahmi Apriyanto random sampling. Data penelitian berupa nilai penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia diperoleh dari pretes, postes, dan N gain siswa, kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan program SPSS15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan animasi multimedia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia; 2) penguasaan materi oleh siswa dengan menggunakan animasi multimedia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing lebih tinggi dibanding tanpa menggunakan animasi multimedia. %D 2010 %I Universitas Lampung %L eprints15510