%0 Journal Article %A 0613041006, Mega Sari %D 2010 %F eprints:15544 %J Digital LIbrary %T KEMAMPUAN MENULIS PETUNJUK SISWA KELAS VIII SMP SATYA DHARMA SUDJANA GUNUNGMADU TAHUN PELAJARAN 2009/2010 %U http://digilib.unila.ac.id/15544/ %X Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis petunjuk siswa kelas VIII SMP Satya Dharma Sudjana Gunungmadu tahun pelajaran 2009/2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis petunjuk siswa kelas VIII SMP Satya Dharma Sudjana Gunungmadu tahun pelajaran 2009/2010, ditinjau dari lima aspek, yakni kejelasan petunjuk, ketepatan tata urutan petunjuk, keefektifan kalimat petunjuk, penggunaan EYD, dan kemenarikan tampilan petunjuk. Di dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes menulis (menulis petunjuk). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Satya Dharma Sudjana Gunungmadu yang berjumlah 176 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 20% dari jumlah populasi sehingga jumlah sampel 35 orang. Berdasarkan hasil analisis data, kualitas kemampuan siswa kelas VIII SMP Satya Dharma Sudjana dalam menulis petunjuk, baik per aspek maupun secara utuh, masih tergolong kurang. Hal ini ditunjukkan melalui perolehan rerata skor yang mereka capai, yakni (1) 58,2 untuk aspek kejelasan petunjuk, (2) 57,2 untuk aspek ketepatan tata urutan petunjuk, (3) 35,5 untuk aspek keefektifan kalimat petunjuk, (4) 5,5 untuk aspek penggunaan EYD, (5) 60,2 untuk aspek kemenarikan tampilan petunjuk, dan 44,1 untuk menulis petunjuk secara utuh.