TY - JOUR ID - eprints15551 UR - http://digilib.unila.ac.id/15551/ A1 - 0613054015, Murniati Y1 - 2010/02// N2 - Dengan pembelajaran IPA di sekolah dasar alat peraga media gambar memegang peranan penting sebagai alat yang dapat mendorong siswa belajar lebih aktif, namun penggunaan alat peraga media gambar belum memperoleh perhatian secara baik. Hal ini juga terjadi pada kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat. Hasil belajar mata pelajaran IPA di kelas tersebut sangat rendah. Hal ini disebabkan karena penyampaian materi kurang dimengerti siswa, guru belum menggunakan alat peraga media gambar. Metode yang digunakan masih menggunakan metode ceramah, karenanya perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas tentang peningkatan hasil belajar IPA dengan pembelajaran menggunakan alat peraga media gambar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pembelajaran dengan alat peraga media gambar. Pembelajaran dalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus meliputi 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat JF - Digital Library TI - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 METRO PUSAT SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009/2010 AV - restricted ER -