%0 Journal Article %A 0813022005, DESRY YANTI SIHOTANG %F eprints:15571 %J Digital Library %T ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN %U http://digilib.unila.ac.id/15571/ %X Membangun kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk kemajuan ketrampilan berpikir siswa. Kemampuan tersebut dapat dibangun melalui pembelajaran yang dirancang untuk memampukan siswa dalam memecahkan masalah dan menemukan solusinya. Pembelajaran yang dapat digunakan antara lain adalah pembelajaran inquiry dan discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inquiry dan discovery, (2) interaksi antara model pembelajaran penemuan dengan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar, (3) perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inquiry dan discovery pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, (4) perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inquiry dan discovery pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Terbanggi Besar. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XE dan XG sebagai sampel. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan desain faktorial. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan analisis variansi Two Way ANOVA (Anava Dua arah) dan Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran inquiry dan discovery, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran penemuan dan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa, (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran inquiry dan pembelajaran discovery pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, (4) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran inquiry dan pembelajaran discovery pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.