%A Herlindap %T PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN I HADUYANG NATAR TAHUN 2010 / 2011 %X Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Rancangan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) Proses pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) Sistem evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran dan, (4) Peningkatn prestasi belajar matematika. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe STAD, sedangkan pada siklus II masih menggunakan kooperatif tipe STAD, tetapi siswa dalam tiap kelompok dibagikan gambar dan model pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran untuk mata pelajaran matematika dengan pembelajaran STAD yang anggota kelompoknya terdiri dari 4 sampai 5 orang, yang dikelompokkan secara heterogen, (2) proses pembelajaran matematika menggunakan tipe STAD dengan aktivitas siswa mengajukan pertanyaan, mengemukakan pendapat, menjawab pertanyaan, mencatat dan mengerjakan LKS, (3) Evaluasi pembelajaran menggunakan soal uraian diuji tingkat validitas dan reliabilitas. Pada siklus I, validitas dalam kategori rendah dan reliabilitas sedang. Pada siklus II validitas sedang dan reliabilitas sedang, (4) peningkatan prestasi belajar siswa telah mencapai indikator pada siklus II dengan ketuntasan klasikal kelas Va sebesar 78,95 %, sedangkan di kelas Vb sebesar 72,97 %. Data ini telah mencapai indikator keberhasilan 70 %. Kata Kunci : kooperatif, student team achievement division, prestasi belajar. %D 2011 %I Fakultas KIP %L eprints1559