%A HERU NUGROHO %T PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELASXII IPA 1 SMA NEGERI 1 GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis TIK sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah dan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa serta peningkatan motivasi belajar sejarah siswa Pembelajaran berbasis TIK yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengguanan komputer dan LCD sebagai sarana pembelajaran dan pemanfaatan internet.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan siklus I menggunakan presentasi power point, Siklus II menggunakan presentasi powerpoint yang dilengkapi dengan gambar-gambar serta pemanfaatan internet, Siklus III menggunakan presentasi powerpoint yang disempurnakan dengan gambar-gambar, suara dan animasi serta pemanfaatan internet, ditambah tayangan film. Penelitian dilakukan terhadap 32 siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis TIK yaitu penggunaan komputer dan LCD berupa penggunaan presentasi powerpoint,yang dilengkapi dengan gambar-gambar serta pemanfaatan internet dan penayangan fil dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar serta motivasi belajar sejarah. Peningkatan ditunjukkan dengan rata-rata persentase siswa yang aktif, siklus I (62,5%), siklus II (78,12%) meningkat sebesar 15,62% dan siklus III 87,5% meningkat 12,5%. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I (72,21), siklus II (75,56),meningkat sebesar 3,35% dan siklus III (78) meningkat 2,44%. Peningkatan motivasi belajar melalui pembelajaran berbasis TIK, terlihat dari rata-rata motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar sejarah dengan predikat tinggi mencapai 34,38% pada siklus I, meningkat menjadi 46,88% pada siklus II, kemudian naik menjadi 78,13% pada siklus III. Peningkatan persentase siswa yang tuntas belajar dengan nilai ? 75, pada siklus I (62,5%), siklus II (78,12%), peningkatannya 15,62% dan siklus III (87,5%) peningkatannya 9,38%. Dengan demikian maka secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah berbasis TIK dapat meningkatkan prestasi, aktivitas dan motivasi belajar sejarah siswa. Kata kunci : Teknologi Informasi dan Komunikasi, Aktivitas, Prestasi dan Motivasi iv %D 2011 %I Fakultas KIP %L eprints1560